Halloween party ideas 2015


  • Selaso Jatuh Kembar
Selaso Jatuh Kembar


Rumah adat Selaso Jatuh Kembar Asal daerah Riau Sumatera. Rumah tradisional masyarakat Riau pada umumnya adalah rumah panggung yang berdiri diatas tiang dengan bentuk bangunan persegi panjang. 

Dari beberapa bentuk rumah ini hampir serupa, baik tangga, pintu, dinding, susunan ruangannya sama, dan memiliki ukiran melayu seperti selembayung, lebah bergayut, pucuk rebung dll. Selaso jatuh kembar sendiri bermakna rumah yang memiliki dua selasar (selaso, salaso) yang lantainya lebih rendah dari ruang tengah.

  • Lontiok
Lontiok


Lontiok adalah rumah adat yang berada di daerah Riau. Rumah ini merupakan rumah yang ditinggali oleh masyarakat Kampar. 

Rumah Lontiok juga dikenal dengan nama rumah lancang dan pencalang. Rumah Lontiok adalah rumah yang mempunyai ciri seperti rumah panggung. Kata Lontiok dalam bahasa Indonesia yaitu lentik.Kata Lontiok ini menunjuk kepada bentuk rumah Lontiok yang melengkung atau bengkok.

Rumah Lontiok adalah salah satu Budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Rumah Lontiok saat ini sudah mulai jarang ditemukan karena sudah mulai termakan usia dan sudah mulai terlihat tidak terawat. Salah satu rumah Lontiok yang sudah tidak terawat lagi terletak di Dusun Pulau Belimbing Desa Sipungguk. Namun, rumah Lontiok masih dapat menjadi objek wisata yang menarik.

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.